Penandatanganan Kerjasama (Mou) Antara Kejaksaan Negeri Jakarta Utara Dengan Badan Pertanahan Nasional Kota Administrasi Jakarta Utara

IMG 4755

Pada hari Senin, 6 November 2017 bertempat di ruang rapat Kantor Kejaksaan Negeri Jakarta Utara  telah dilaksanakan Penandatanganan Kesepakatan Bersama (MoU) antara Kejaksaan Negeri Jakarta Utara dengan Badan Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Utara  terkait Penanganan Masalah Hukum Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara.

IMG 4772

Acara tersebut dihadiri oleh Roberth M. Tacoy, SH.MH selaku Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Utara dengan didampingi oleh Faisal Arifuddin, S.H selaku Kasi Datun Kejaksaan Negeri Jakarta Utara beserta staf. Sedangkan dari Badan Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Utara   dihadiri oleh Kasten Situmorang, S.H, M.Kn selaku Kepala Badan Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Utara beserta staf. Acara Penandatanganan Kesepakatan Bersama (MoU) tersebut diawali dengan pemberian sambutan oleh Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Utara Roberth M. Tacoy, SH.MH. Dalam kesempatan tersebut, Bapak Kajari Jakarta Utara sedikit memberi materi tentang tindak pidana korupsi, serta celah – celah korupsi, dan di tegaskan untuk menghindari kegiatan – kegiatan yang rentan terjadinya korupsi, serta berpesan untuk selalu berhati hati dalam setiap pengerjaan pengadaan barang jasa / pembangungan fisik.

IMG 4777 OK

Dilanjutkan dengan penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama / Memorandum of Understanding (MoU) antara Kejaksaan Negeri Jakarta Utara dilaksanakan  oleh Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Utara Roberth M. Tacoy, SH.MH dengan Kepala Badan Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Utara  dihadiri oleh Kasten Situmorang, S.H, M.Kn. Hal ini merupakan bukti eksistensi dari tupoksi Kejaksaan Negeri Jakarta Utara  selaku Jaksa Pengacara Negara secara nyata telah dipercaya dan diperlukan oleh masyarakat khususnya dalam penyelesaian permasalahan hukum di bidang Perdata dan Tata Usaha Negara Jakarta Utara.

Kejaksaan Negeri Jakarta Utara Gelar Jaksa Masuk Sekolah di SMAN 52 Jakarta Utara

 

IMG 20171107 WA0044Pada hari Senin, tanggal 6 November 2017, Kejaksaan Negeri Jakarta Utara Kembali Gelar Program Jaksa Masuk Sekolah di SMAN 52 Jakarta. Program Jaksa Masuk Sekolah di SMAN 52 Jakarta ini merupakan program lanjutan setelah sebelumnya dilaksanakan di SMK Perguruan Cikini dan SMAN 40 Jakarta Utara.

IMG 20171107 WA0035

Dalam amanatnya selaku Pembina Upacara Jaksa Fungsional Kejari Jakarta Utara ADHAM ARDHYTIA MANGGALA, SH menegaskan kepada siswa dan siswi SMAN 52 agar menjauhi perbuatan tercela dan melanggar ketertiban umum seperti kebut - kebutan di jalan, tawuran dan juga menjauhi penyalahgunaan Narkotika dan obat-obatan terlarang.

IMG 20171107 WA0038

Program Jaksa Masuk Sekolah  merupakan program intern Kejaksaan Agung RI dalam rangka menanamkan nilai nilai dan norma hukum kepada anak anak sejak dini. Melalui program Jaksa Masuk Sekolah diharapkan generasi muda dapat memahami Tugas Pokok dan Fungsi Kejaksaan dan dapat mencegah perilaku yang melanggar hukum sejak usia sekolah. Kegiatan JMS yang selama ini dilaksanakan pihak Kejari Jakut merupakan wujud nyata atas diterbitkannya Keputusan Jaksa Agung RI Nomor : KEP-184/A/JA/11/2015 tanggal 18 November 2015 tentang Pembentukan Tim Jaksa Masuk Sekolah/ JMS Kejaksaan Republik Indonesia, sebagai upaya mendukung Agenda Nawa Cita Ke-8 pemerintah Indonesia yakni “Melakukan Revolusi Karakter Bangsa.

RAPAT KOORDINASI APARAT PENEGAK HUKUM

DALAM SISTEM PERADILAN PIDANA ANAK

IMG 20171027 WA0003

Pada hari Kamis tanggal 26 Oktober 2017 telah dilakukan Rapat Koordinasi Aparat Penegak Hukum di Hotel Sheraton Media Gunung Sahari Jakarta Pusat pada pukul 08.00 s.d 15.00 Wib yang diselenggarakan oleh Direktorat Bimbingan Kemasyarakatan dan Pengentasan Anak Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia. Acara ini diselenggarakan untuk peningkatan kerjasama dan koordinasi Aparat Penegak Hukum terkait implementasi Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak (UUSPPA). Narasumber yang dihadirkan terdiri dari Aparat Penegak Hukum yang menangani perkara Anak Berhadapan dengan Hukum, yaitu Ramses Pasaribu, SH.MH (Hakim pada Pengadilan Negeri Jakarta Utara), Astri Rahmayanti, SH. MPd. MH (Jaksa pada Kejaksaan Negeri Jakarta Utara), Nety Saraswaty, Bc.IP, SH. M. Si (Kepala Balai Pemasyarakatan klas I Jakarta Utara), Ayu Tri Umami, S.IK (Kanit PPA Kepolisian Resort Jakarta Pusat), Dra. Setyani Ambarwati, MPsi (Psikolog), dan Neneng Heryani, M.Pd (Kepala PSMP Handayani Jakarta). Para peserta terdiri dari Hakim, Jaksa, Polisi, Peneliti Kemasyarakatan, Balai Pemasyarakatan, Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A), Dinas sosial, dan PSMP Handayani Jakarta.

IMG 20171027 WA0001

Rapat berlangsung sangat alot karena membahas permasalahan yang dihadapi oleh Aparat Penegak Hukum dalam menerapkan UUSPPA. Oleh karena dalam penerapannya di lapangan masih terdapat kendala-kendala, yaitu mengenai kesiapan Sumber Daya Manusia Aparat Penegak Hukum yang menangani perkara Anak Berhadapan dengan Hukum, Penafsiran Diversi yang berbeda-beda, Strategi Penyelesaian Perkara Anak dengan Penahanan yang singkat, pemeriksaan Anak sebagai korban yang sulit dan terkadang saksi tidak bisa hadir di persidangan, Sarana dan Prasarana Sidang anak, dan Eksekusi perkara Anak yang belum jelas mengenai pelaksanaan Pelatihan kerja.

IMG 20171027 WA0002

Rapat ditutup pada pukul 15.00 Wib dengan kesimpulan akan diadakan rapat koordinasi lebih lanjut mengenai penanganan Anak yang berhadapan dengan Hukum. Dan perlu adanya koordinasi antara Aparat Penegak Hukum dalam Penanganan Anak. Oleh karena Restoratif Justice adalah amanat UUSPPA, dimana penghukuman terhadap anak adalah upaya terakhir. Yang lebih utama adalah pemulihan pada keadaan semula bukan penghukuman, mengingat anak masih rentan dan ikut-ikutan. Hal ini semata-mata untuk kepentingan terbaik bagi anak.

CEGAH PENYALAHGUNAAN NARKOBA : Kejari Jakarta Utara Gelar Jaksa Masuk Sekolah di SMK PERGURUAN CIKINI - Jakarta Utara

Dalam rangka melakukan aksi pencegahan penyalahgunaan Narkotika dan Obat-Obatan terlarang di kalangan generasi muda pada hari Senin tanggal 16 Oktober 2017 pukul 06.30 WIB Kejaksaan Negeri Jakarta Utara (Kejari Jakut) kembali menggelar kegiatan Jaksa Masuk Sekolah. Kegiataan JMS yang bertujuan mengenalkan permasalahan hukum sejak dini kepada para siswa sekolah yang merupakan calon pemimpin bangsa di masa depan, kegiatan JMS kali ini dilaksanakan pada apel Upacara Bendera di  SMK Perguruan Cikini Jakarta Utara.

jms3

Kegiatan Jaksa Masuk Sekolah di SMK Perguruan Cikini diikuti oleh Kepala Sekolah Bapak RIFAT, M.Pd, Guru/Karyawan SMK Perguruan Cikini dan siswa/siswi yang berjumlah 1178 siswa yang meliputi siswa dan siswi dari jurusan teknik permesinan, teknik listrik, teknik kendaraan ringan (otomotiv), teknik elektronika industry, teknik elektronika audio video, teknik computer jaringan dan teknik multi media.

jms2

Kegiatan Jaksa Masuk Sekolah yang diadakan di SMK Perguruan Cikini Jakarta Utara tersebut dilaksanakan oleh Toto Roedianto SH. MH selaku Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Jakarta Utara sekaligus Pembina Upacara. Toto Roedianto SH, MH mengingatkan kepada para siswa untuk senantiasa mengingat tugas utama sebagai siswa yaitu belajar dan meningkatkan kemampuan/ketrampilan untuk mencapai apa yang dicita citakan, di samping itu juga Pembina upacara menyampaikan materi tentang Bahaya Narkotika & kenakalan remaja. Kegiatan JMS dilaksanakan agar anak - anak yang notabene generasi muda mennenal hukum sejak dini, sehingga dengan JMS diharapkan dapat terbentuk generasi muda yang sadar dan taat hukum.

jms1

Kegiatan JMS yang selama ini dilaksanakan pihak Kejari Jakut merupakan wujud nyata atas diterbitkannya Keputusan Jaksa Agung RI Nomor : KEP-184/A/JA/11/2015 tanggal 18 November 2015 tentang Pembentukan Tim Jaksa Masuk Sekolah/ JMS Kejaksaan Republik Indonesia, sebagai upaya mendukung Agenda Nawa Cita Ke-8 pemerintah Indonesia yakni “Melakukan Revolusi Karakter Bangsa.

Pengambilan Sumpah, Pelantikan dan Serah Terima Jabatan

IMG 4520

Jumat (13/10/17) Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta TONY T. SPONTANA, S.H., M.Hum melaksanakan pengambilan sumpah, pelantikan dan serah terima jabatan kepada 2 (dua) pejabat baru di Wilayah Hukum Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta yaitu KUNTADI, S.H sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat menggantikan DIDIK ISTIYANTA, S.H, M.H dan Dr. PATRIS YUSRIAN JAYA, S.H., M.H sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Barat menggantikan Dr. REDA MANTHOVANI, S.H., M.H., LL.M.

Sertijab Kajari Pusat Barat

            Sebelumnya, Dr. PATRIS YUSRIAN JAYA, S.H, M.H menjabat Asisten Pidsus Kejati Kepulauan Bangka Belitung, dan KUNTADI, S.H menjabat Kepala Adhiyaksa Monitoring Centre (AMC). Selanjutnya, Dr. REDA MANTHOVANI, S.H, M.H yang mendapat promosi jabatan sebagai Asisten Tindak Pidana Umum pada Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan dan DIDIK ISTIYANTA, S.H, M.H yang mendapat promosi jabatan sebagai Koordinator pada Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung R.I.

Dalam sambutannya Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta mengatakan kepada pejabat yang baru dilantik hendaknya dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat dan Jakarta Barat dengan sebaik-baiknya dan juga mengibaratkan Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta sebagai gerbong kereta yang akan menuju stasiun besar dimana Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta sebagai masinis kereta dan jika ada penumpang yang tidak bisa mengikuti peraturan yang ada didalam kereta maka sebaiknya turun pada stasiun terdekat. Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta juga mengucapkan selamat bekerja kepada pejabat yang baru dilantik, semoga penempatan pada posisi yang baru akan semakin memberikan nilai tambah bagi peningkatan dan kemajuan institusi serta memberikan kontribusi positif dan terbaik bagi kemajuan Kejaksaan R.I. Ucapan terima kasih yang tak terhingga juga disampaikan kepada pejabat lama sdr. DIDIK ISTIYANTA, SH., MH dan sdr. DR. REDA MANTHOVANI, SH., MH., LL.M yang telah selesai menunaikan tugas jabatan sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat dan Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Barat dengan baik serta penuh pengabdian.

IMG 4513

Pengambilan sumpah, pelantikan dan serah terima jabatan dimulai pada pukul 10.00 WIB bertempat di Aula Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta dihadiri oleh Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, Pejabat Utama Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, Kepala Kejaksaan Negeri Se-DKI Jakarta, para Koordinator serta para Jaksa di Lingkungan Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta dan Kejaksaan Negeri Se-DKI Jakarta.

Page 1 of 10